kuliner khas krapyak pekalongan mi so
Food, wisata Pekalongan

Kuliner mie so khas Krapyak Pekalongan

Hampir semua kuliner di kawasan Pekalongan bagian utara didominasi rasa asin. Ya iyalah, namanya juga dekat laut. Sabtu kemarin, aku blusukan sampai daerah Krapyak. Niatnya sih cuma nyari minyak kenanga di kampung arab, tapi malah laper dan kepikiran mie so. Sebelumnya aku ngga kenal kuliner jenis ini, sampai teman-teman blogger Pekalongan membahasnya. Oalah benar saja, aku kan orang kabupaten…memang mie so ini adanya di Kota Pekalongan khususnya Krapyak. Mie so yang paling terkenal adalah mie so Bandara, tapi kemarin aku nyoba makan di mie so bu Khikmah gang 9 Krapyak.

Ada melinjo di mangkok mie bakso

Aku juga heran, kenapa ada melinjo di semangkok mi bakso yang segar itu. Eh bukan melinjo utuh ya, melainkan hanya kulitnya saja. Orang Pekalongan menyebut melinjo sebagai ‘so’. So good, so what? Hahaha…so delicious.
Sekilas nampak seperti bakso Malang nggak sih? ada mi kuning, kuah encer, tahu, bakso, telor puyuh, balungan, tetelan, dan kulit melinjo. Rasa kuahnya juga sangat mirip dengan sop atau bakso Malang. Keunikannya mie so terletak pada keberadaan si kulit melinjo.
Lalu apa fungsi kulit melinjonya ya? Aku belum menemukan filosofis dibalik ini semua, hahhaa. Ya pasti ada dong ya sejarahnya kenapa di Krapyak ini mi baksonya pakai melinjo. Padahal, sepenglihatan mata sih ngga ada pohon-pohon melinjo di sana.

Mie so atau miso?

Mie so krapyak
Mie so khas krapyak

Jadi yang benar itu mie so atau miso sih? Di Pekalongan sih nyebutnya mi so. Tapi kalau dibahasa Indonesiakan jadi mie so. Nah, beda lagi dengan miso yang merupakan bumbu dari Jepang hasil fermentasi kedelai.
Di Medan dan Pekanbaru juga ada mi so, tapi itu adalah singkatan dari mie sop. Semacam sop ayam atau sop daging yang diberi mi kuning. Mirip juga sih dengan mie so? Ah, jadi lieur akunya. Intinya, kalau pengen nyoba kuliner Pekalongan yang original salah satunya ya mi so ini.

Alamat Mie So Krapyak

Aku nyobain mie so di bu Khikmah Krapyak gang 9. Krapyak itu berada di Pekalongan bagian utara, sudah dekat pantai. Patokan warung bu Khikmah adalah masjid Auliya di jalan Jlamprang. Di depan masjid ada gang masuk, tulisannya gang IX (gang sembilan…heheh). Lurus saja sekitar 50m sampai ketemu sekolahan MI, nah warung bu Khikmah ada di teras rumah beliau.
Bagaimana dengan mie so bandara yang terkenal itu? Ada di Krapyak juga, tapi belum pernah kesana. Next kita coba ya, sekalian sama gulai kacang hijau.

Harga Mie So

Mie so krapyak
Mie so krapyak pekalongan

Di warung bu Khikmah ngga hanya jual mie so kok. Ada pecel, soto tauto, es kolak, es teh, es mutiara, gorengan. Kemarin itu aku habis 28.000 rupiah dengan memesan pecel pakai mi kenyol, krupuk usek, mie so, es teh, dan es kolak. Jatuhnya semangkok mie so harganya sekitar 15.000, ya pantes lah ya harga segitu wong pakai daging juga.

Sekilas tentang Krapyak

Krapyak adalah kelurahan di Pekalongan Utara. Wilayah ini sudah ada sejak zaman dahulu kala sebab lokasinya menjadi persinggahan saudagar dari luar pulau. Pelabuhan tak jauh dari sini, wajar saja jika manusia telah menciptakan budayanya jauh sebelum wilayiah lain terjamah. Tradisi syawalan salah satu yang akhirnya menyebar dan dirayakan khalayak Pekalongan raya hingga sekarang.

14 Comments

  1. dagingnya melimpah Nay. Dan dengan harga segitu oke bangat buat kantong hehehehe..

    1. Hahhaa iya melimpah ruah kenyang

  2. Wah baru tahu ada makanan spt itu, rasanya apa kulit melinjo itu?

    1. Enak lho mba, ditumispun enak…manis gurih

  3. Yang di piring ada sambalnya itu, pecel ya In? Kayaknya kok uenak banget. sambalnya bikin ngiler. Coba kapan2 ke sana ah…

    1. Iya itu pecel

  4. membuat perut laper ….sering denger namanya,tapi. sampe sekarang belum pernah nyicipin maklum. pecinta kuliner emakkk

  5. Wahhhhhhh Aku ngiler lihat Mie So-nya sepertinya banyak daging nya

  6. Miso kui saru sih mbak 😀 mboten pareng ah ^^

    1. Iya tuh piye dong

  7. Sudah ngicipin..dan sukaaa…(tapi tanpa sambel..hehe..)

    1. Uh kurang seger donks

Leave a Reply

Required fields are marked*