samsat pekalongan
Daily life, Pekalongan

Cara Mengambil Plat Nomor Kendaraan di Samsat Kajen Pekalongan

STNK asli sudah aku miliki sejak beberapa bulan, tapi plat nomornya masih palsu. Sempat dengar jika mengambil plat nomor itu ribet. Ternyata tidak sama sekali ya, prosesnya ngga sampai 15 menit. Ini pengalaman pertama aku masuk ke UP3AD (Unit Pelayanan Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah) kabupaten Pekalongan. Sebelumnya ketika membayar pajak kendaraan aku lakukan di UP3AD Kota Pekalongan.


Samsat UP3AD Bukan Tempat Bikin SIM

Kurang lebih dua tahun lalu aku memanfaatkan libur longweekend untuk membuat SIM A dan SIM C sekaligus. Di saat itu aku baru tahu jika tempat pembuatan SIM bukan di Samsat. Kalau warga kabupaten Pekalongan mau perpanjang atau membuat baru Surat Ijin Mengemudi, unit pelayanannya berada di kawasan polres Pekalongan.
Polres Pekalongan itu terletak di sebelah timur alun-alun Kajen kabupaten Pekalongan. Tapi sekalinya datang, kita nggak langsung tes gitu, musti antre tes kesehatan yang sebenarnya Cuma seperti formalitas belaka hahhaa. Kok jadi bahas SIM ya? tapi ini penting, biar kamu nggak nyasar kalau mau urus STNK atau mengambil plat nomor.

Prosedur Mengambil Plat Nomor Di Samsat Pekalongan

Karena khawatir antri panjang seperti pas bikin SIM, aku berangkat pagi-pagi ke kantor UP3AD (sebut saja samsat). Bangunan megah dengan latar belakang pegunungan Linggo Asri menyambutku dengan ramah. Iya, ramah sebab parkirannya luas dan ada banyak bangku untuk menunggu.

Pas di parkiran, aku nanya dulu ke juru parkir.

Pak, kalau mau ambil plat nomor lewat loket yang mana?

Oh langsung saja mbak, ke belakang gedung utama.

Benar saja, ternyata di belakang gedung samsat masih ada kantor-kantor lagi. Langsung deh masuk ke ruangan yang bertuliskan pembuatan plat nomor kendaraan. Di dalam ruangan yang tidak terlalu luas itu terdapat alat pencetak plat nomor. Di bagian depan dekat pintu, ada petugas yang siap melayani.

Mengambil plat nomor di samsat pekalongan
Aku hanya memberikan secarik STNK asli, eh baru mau foto-foto ruangan malah plat nomornya sudah jadi. Nggak sampai 15 menit deh proses pembuatan plat nomor baru di samsat. Meski kualitas plat nomor di Samsat nggak sebagus jika membuat sendiri, tapi ini kan resmi ya. Jika plat nomor ini tidak dibelikan casing, pasti deh cepat nggak karuan bentuknya. ‘pletat-pletot’ compang-camping apalagi kalau sering disenggol kendaraan lain.

Baca: Cara Perpanjang STNK di Samsat Online

Fasilitas UP3AD Samsat Pekalongan

Sebelum pulang, aku keliling dulu area Samsat. Pas kesana sih, toiletnya nyaman dilengkapi dnegan wastafel juga. Di samping tempat pengambilan plat nomor ada kantin juga, jadi bisa nunggu smabil beli minuman dingin. Yang paling berkesan adalah pemandangan bagian belakang kantor ini yang indah banget kayak di resort.

Lokasi Samsat UP3AD Kajen Pekalongan

Patokan kalau mau ke samsat gampang banget, cari saja Pom bensin Karanganyar sebab kantor ini tepat berada di depannya. Biar makin jelas, aku bagikan petanya deh.
Ternyata mengambil plat nomor di Samsat UP3AD kajen kabupaten Pekalongan sangat mudah. Proses pembuatan singkat dengan fasilitas serta pelayanan yang membuat warga nyaman.

4 Comments

  1. Tahun kmrn ak ganti.plat nomor. Maklum ak orang setia jd motor udah 6 th sama ak, ambil plat nomor langsung hari itu perpanjangan dengan stnk. Gampang banget

    1. iya, gampang trenyata ya mba

  2. Jd penasaran dg pemandangan di belakangnya.. *salfok hehe..

    1. main kajen hihi

Leave a Reply

Required fields are marked*