Heritage, Pekalongan, Traveling, wisata Pekalongan

Temani Aku Ke Festival Imlek Indonesia

arep imlek udan teros mego wong-wong do ngobong dupo (menjelang imlek hujan terus karena orang-orang membakar dupa)”

Ibuku sering mengatakan itu, nampaknya masih menjadi misteri mengapa menjelang atau saat imlek selalu hujan. Ini adalah keberkahan menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa. Sejak kecil aku lebih  akrab dengan istilah ‘bodho cino’ atau lebaran cina dibanding imlek apalagi cap go meh. Itu adalah istilah yang muncul di tahun 2000an.

klenteng pekalongan
klenteng berdampingan dengan gereja

Aku tidak merayakan imlek, tapi ‘feel’ nya dapet banget lho. Di Pekalongan, perayaan Cap Go Meh selalu meriah setiap tahun. Masyarakat Pekalongan yang egaliter sejak dulu sudah terbiasa dengan hal ini. Kami membaur tumpah ruah di jalan menyaksikan Sun Go Kong dan kawan-kawan. Jika di Pekalongan saja heboh, bagaimana dengan di Palembang ya? Mengulang kesuksesan Festival Imlek Indonesia  di 2015, tahun ini akan ada lagi di sana.

cap go meh, imlek, festival imlek indonesia, pho an thian, pekalongan, palembang
cap gomeh di Pekalongan (credit: cintapekalongan.com)

Pekalongan Dan Palembang Dalam Catatan Kuno

Bangsa Tionghoa datang ke Pekalongan jauh sebelum Bangsa Eropa. Dalam Catatan kuno Yitoung Techi yang hidup pada masa dinasti Ming, Pekalongan disebut dengan Pou-Kia-Lung. Batas sebelah timur adalah sebuah negeri yang dipimpin oleh seorang wanita. Itu adalah Ratu Shima, pemimpin kerajaan Kalingga yang berpusat di Jepara. Di sebelah barat Pou-Kia-Lung adalah kerajaan Shi-Li-Fout-Shi atau sekarang kita sebut Sriwijaya. Sriwijaya, Palembang dan sekitarnya sudah eksis sejak dahulu kala.

Bukti lain bahwa masyarakat Tionghoa sudah ada di Pekalongan adalah dalam catatan kuno yang dikeluarkan pada jaman Dinasti Sung. Tersebutlah Pu-Koa-Lung, negeri dengan orang-orang berambut pendek yang membungkus tubuh dengan kain tenun warna-warni.

Klenteng Pho An Thian

Menyebut imlek di Pekalongan, tak akan terlupa klenteng Pho An Thian. Ini adalah klenteng paling hits dan terkenal sejak dulu. Betapa tidak, pho an thian sudah berdiri sejak 1882. Lokasinya kini di jalan Belimbing, berdampingan dengan gereja Santo petrus dan Masjid Al-Ikhlas. Dahulu, tempat ini merupakan area sandar kapal-kapal dagang. Pedagang Cina, Eropa, Arab, lalu lalang di kawasan heritage tersebut.

Perayaan Imlek di daerahku ini dilaksanakan pada hari ke-15, istilahnya adalah cap go meh. Dari klenteng Pho An Thian pawai dimulai dengan mengiring bermacam-macam dewa. Tak ketinggalan barongsai, liong, dan dewi Kuan Im.

Festival Imlek Indonesia

Bagi aku, menyaksikan Cap Go Meh di Pekalongan saja sudah bahagia banget. Tak terbayang jika bisa hadir langsung ke Festival Imlek Indonesia di Palembang. Ini bukan event yang pertama, sebab di 2015 pernah ada event serupa. Penyelenggaranya Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Kelompok Kompas Gramedia yang akan melangsungkan perhelatan ini pada 11-12 Februarai 2017 di PSCC Palembang.

festival imlke indonesia, festival imlek, cap gomeh, pesona sriwijaya
festival Imlek Indonesia di Palembang (credit: festivalimlekindonesia.com)

Jika di Pekalongan acara imleknya berupa pawai, di Palembang ini dibuat lebih besar. Ada banyak sekali perlombaan dan suguhan untuk menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Jadi ingat pas acara nonton gerhana matahari itu, Palembang juga yang paling meriah.

Pawai, stand up komedi, pemutaran film, lomba foto, pagelaran budaya, pantas saja jika mengusung nama Festival Imlek Indonesia. Iya, bukan nama Palembang atau Sumsel…langsung bawa nama negara. Maksudnya, festival ini nggak Cuma menyajikan budaya Tionghoa saja. Budaya Sriwijaya juga dipampangkan kepada 25 ribu pasang mata yang akan hadir.

Biar lebih jelas, coba deh kepoin flyer susunan acara Festival Imlek Indonesia ini.

festival imlek Indonesia, cap gomeh, festival imlek 2017
susunan acara festival imlek Indonesia

Tuh ada tulisan ‘free ticket’, jadi tinggal datang saja ke lokasi ya.

Selain kemeriahan acara, ada banyak promo juga lho di hotel-hotel yang jadi partner. Yeyy,,,asik, kapan lagi bisa jalan-jalan di Palembang dengan berbagai kemeriahan seperti ini.

Yang Harus Kamu Lakukan Saat di Festival Imlek Indonesia

Menggiurkan banget kan ya acaranya. Hemm…kalau kamu beneran mau datang, jangan lupa beberapa hal ini.

1| Pakai Outfit Imlek

Nah, biar makin menjiwai dan keren kalau mejeng di foto…pakailah outfit khas imlek. Minimal sih dominan warna merah, emas, atau bermotif ayam.

2| Jangan rempong

Bawalah satu tas saja yang muat barang-barang pribasi. Pasti bakal rame banget, jangan sampai malah kamu rempong dengan bawaan dan nggak menikmati momen.

3| Abadikan

Abadikan kesempatan yang terjadi setahun sekali ini dalam bentuk foto, video, atau sketch. Selain penting buat dokumentasi, ada lomba fotografi juga lho.

4| Bagikan Keseruan

Jadilah bagian dari netizen positif yang membagi keseruan acara festival Imlek Indonesia. Pakai tagar #wonderfulsriwijaya #pesonasriwijaya dan #festivalimlekIndonesia. Buktikan bahwa kita masih mengedepankan Bhineka Tunggal Ika.

5| Kulineran

festival imlek Indonesia, Festival cap go meh, imlek 2017
kuliner festival imlek Indonesia

Aku sering banget makan pempek, tapi kalau makan di Palembangnya langsung belum pernah. Selain Pempek, masih banyak lagi kuliner yang belum kucoba.

Mupeng datang ke festival Imlek Indonesia di Palembang? Yuk, temani aku.

festival imlek indonesia, cap go meh, imlek 2017
festival imlek Indonesia

15 Comments

  1. Waa…ikoooot..hehe…
    Oya, th lalu ada yg DM ngajakin ‘liputan’ di Klenteng besar itu.. Eh stlh kusetujui..lha kok gada kelanjutannya smp kini..hiks.. Blm rejeki mgkn yaa..

    1. Follow up maneh mbak yu 😀

  2. […] Filed under: Heritage, Pekalongan, Traveling Tagged: cap go meh, festival imlek indonesia, imlek, imlek 2017, Traveling daily life in Pekalongan by Inayah […]

  3. dimas

    ini lomba blog mbak?

  4. Ragam Budaya di Indonesia. NKRI HARGA MATI !!!

  5. menarik nih, aku gak sabaran nanti lihat Festival Imlek di Palembang nanti.

    1. yeyy semoga aku bisa kesana

  6. dulu saya dan keluarga juga sering nyebutnya lebaran cina
    blm kesampean liat tradisi imlek kecuali barongsai doangan

    1. aahaha iya ayo nanti nonton pawai

  7. Ramai banget ya Imlek di Pekalongan, jadi pengen ngerasain Imlek di sono.

    1. apalagi kalau di Palembang…pasti lbh ramai

  8. Selamat udah menang mbak 🙂 ditunggu di Palembang.

    1. alhamdulillah, iya oom..insyaAllah kita kan bersua

Leave a Reply

Required fields are marked*