tempat hunting foto drone pekalongan
Pekalongan, Traveling, wisata Pekalongan

Tempat hunting foto drone di kota Pekalongan

Liburan natal dan tahun baru kemarin aku habiskan fuul di Pekalongan. Sempat mati gaya sih, bakal ngapain aja ya di kota batik? Memang libur kali ini tanpa rencana matang dengan agenda rinci, jadinya mengalir saja gitu. Kebetulan aku lagi bawa drone, jadi sekalian explore sekalian saja ningkatin skill terbang dong. Tapi, tempat hunting foto drone di Pekalongan yang bagus di mana ya?

Syarat lokasi menerbangkan drone

Aku masih nubie banget lho jadi pilot drone, heheh. Jadi ya hati-hati banget kalau mau flight. Di Indonesia, aturan soal drone masih sangat longgar. Tapi, drone itu tak ubahnya pesawat ya…aku mau menerbangkan benda ini dengan penuh tanggung jawab.

Berbeda dengan hunting foto dengan kamera darat, ada beberapa syarat yang perlu diketahui. Hunting foto bisa dimana saja, bahkan tempat instagramable makin banyak saja di kota Pekalongan. mulai dari lokasi wisata, café, hingga trotoar jalan pun kini telah dipercantik biar layak dibilang aestetic.

Ini adalah syarat lokasi layak untuk menerbangkan drone:

  1. Bukan area terlarang, maksud area terlarang adalah yang ngga boleh siapapun lewat termausk pesawat komersil.
  2. Bukan area terbatas, ini area punya Negara…warga sipil ngga boleh nyusup-nyusup.
  3. Bukan area keselamatan transportasi operasi penerbangan, sudah jelas ya…mausk jalur penerbangan itu dilarang.
  4. Bukan di area sensitif, nah…ini yang kalian harus tahu. Area sensitif termasuk diantaranya property penting seperti gedung pemerintahan dan lembaga pemasyarakatan.
  5. Ada sinyal GPS, yopps…drone dijalankan pakai GPS ya. Tanpa sinyal, ngerinya drone kamu hilang tanpa jejak. Tapi sebenarnya drone bisa tetap jalan dalam kondisi sinyal GPS lemah.
  6. Angin tak terlalu kencang, ini penting demi keamanan si drone.
  7. Area terbuka, nerbangin di dalam ruangan boleh saja sih asal sudah jago. Area terbuka juga termausk keberadaan gedung dan pepohonan.
  8. Aman dari burung, ngga mau kan drone kamu crash dengan burung? Jangan sepelekan lho, binatang yang satu ini.
  9. Cuaca bagus, meski drone yang canggih bisa tahan air…tetap saja sebaiknya kita nerbangin sata cuaca ngga buruk ya.

Tempat hunting foto drone

Inilah lokasi yang sudah pernah saya cobain untuk nerbangin drone di kota Pekalongan.

Pantai boom, wisata bahari PPNP

Area pantai bukanlah area terlarang untuk nerbangin drone kalau di Indonesia. Tapi sebaiknya tetap bertanggung jawab ya, jangan dekat-dekat banget dengan permukaan tanah. Masuk wisata bahari PPNP cukup bayar 4000 rupiah dan parkir. Cocoknya sih pagi atau sore, biar ngga over exposure banget dan kitanya nyaman ehhehe.

Tempat Pembuatan Kapal Krapyak Lor

Masih di kawasan pesisir Pekalongan, krapyak ngasih pemandangan yang berbeda. Ada banyak sekali kapal kayu yang bersandar dan lagi dibuat. Ke sini ngga perlu bayar ko, mobil juga bisa masuk.

Mangrove park

Mau sunsetan? Coba ke mangrove park deh, yang ngga jauh dari wisata bahari PPNP. Setahuku sih masuk sini free, Cuma bayar parkir saja.

Monumen Joeang 45

Mau yang di tengah kota? Ya monumen joeang saja, lokasinya di pinggir jalur pantura. Kamu bisa mengambil footage kepadatan lalu lintas atau landscape kota dari lokasi ini.

Tempat ikonik lain

Masih banyak tempat ikonik lainnya di kota Pekalongan lho. Misalnya masjid kauman, area stasiun, dan kawasan budaya Jetayu.

Di video ini, beberapa footagenya diambil di kota Pekalongan lho menggunakan drone DJI Mavic Pro.

Bagaimana dengan wilayah kabupaten Pekalongan? kalau mau hunting alam, bagusnya memang disana. Ini salah satu contoh video footagenya.

Jangan khawatir membawa drone mu saat ke Pekalongan ya, banayk lokasi kece untuk footage mu di sini.

Leave a Reply

Required fields are marked*