Daily life, Pekalongan

Cara Perpanjang STNK di Samsat Online Pekalongan

Cara Perpanjang STNK di Samsat Drive Thru Pekalongan – Perpanjangan STNK tahunan umumnya dilakukan lewat biro jasa. Kendala pekerjaan, lokasi, antrean, lebih dulu terbayang di benak kita. Sudah tahukah kamu soal samsat online? Kalau Samsat drive thru? Baru-baru ini, aku memperpanjang STNK di Pekalongan. Aku bagikan ceritanya, siapa tahu bermanfaat.

Cuti Stnk

Di kantorku sebenarnya memberikan dispensasi untuk pengurusan STNK dan SIM. Ada waktu 1 hari free di luar cuti tahunan yang dapat diambil. Karena kebetulan kemarin itu ada agenda pulang, jadi sekalian saja perpanjangan STNK yang sebenarnya sudah terlambat satu minggu. Untunglah pas googling nemu informasi soal Samsat Drive Thru.

Apa Sih Samsat Online?

Sebelum memutuskan memperpanjang STNK di Pekalongan sesuai plat kendaraan, aku sudah browsing dulu soal samsat online. Kupikir, dengan adanya samsat online aku bisa memperpanjang STNK dimana saja termasuk di Jakarta.

Ternyata, maksud dari online itu bukan tersambung se-Indonesia. Aku harus membayar di samsat online yang se-provinsi. Jadi, meski di Samsat Bekasi sudah bisa online…tetap saja kendaraan plat G tidak bisa diterima.

Mencoba Samsat Drive Thru

Pagi itu, bermodal STNK asli dan KTP aku menuju ke samsat drive thru Pekalongan yang ada di di samping masjid Syuhada Pekalongan. Sebuah box yang mirip tempat jualan makanan food truck berada di sana. Tak banyak yang mengantre, bahkan saya bisa langsung ke loket.

“BPKB nya mana?” Tanya petugas Polisi yang berada di belakang loket

“Harus pakai BPKB Pak?” Jawabku

“Iya…yang asli”

Segera saja aku ngeloyor ke samping loket dan membaca persyaratan perpanjangan STNK di samsat drive thru. Hmmm…BPKB ku belum turun, ini kan kendaraan masih kredit.

Daripada kecewa, akhirnya foto-foto dulu di depan gedung tua bekas kantor residen.

Baca: Pekalongan belum merdeka 17 Agustus 1945

Nyamannya Samsat Online Pekalongan

Ada dua pilihan setelah gagal membayar pajak perpanjangan STNK di drive thru. Antara ke samsat Kajen (kabupaten Pekalongan) atau samsat Kota Pekalongan. Karena lebih dekat ke kota, segera saja motor meluncur ke jalan gajah mada (sebelumnya sih sudah cek google maps…haha).

Tak jauh dari stasiun kereta Pekalongan, samsat kota berada tepat di pinggir jalan pantura. Jangan nyasar ke kantor satlantas ya, bentuknya mirip.

Masuk ke kantor samsat, aku langsung disambut seorang petugas yang ramah. Beliau meminta STNK dan KTP asli saya. Nomor antrean juga sekalian diambilkan. Ruangan berpendingin udara, ada televisi, ada toilet, serta area bermain anak.

Tak lama menunggu, nomor antrian aku dipanggil. Menyerahkan STNK dan KTP, membayar, dan selesai. Ternyata tak seribet yang aku bayangkan. Biasanya, kalau urusan sama birokrasi begini bakal ngga nyaman. Petugas yang judes, antri lama, calo, dsb. Semua itu tidak aku alami saat Perpanjangan STNK di samsat Pekalongan kemarin.

Samsat pekalongan

Aku datang ke samsat hari Sabtu pagi. Ternyata, baik samsat online maupun samsat drive thru tetap beroperasi lho meski sabtu. Tapi, cuma setengah hari ya. Kalau Minggu dan Tanggal merah, ya tutup dong.

Samsat itu apa?

Hayo…ada yang tahu ngga kepanjangan samsat? Samsat berasal dari Sistem administrasi manunggal satu atap. Siapa saja tuh yang seatap? Kepolisian, Dinas Pendapatan Daerah, dan Jasa Raharja. Tapi kalau kamu mau buat atau perpanjang SIM, datangnya bukan ke sini ya.

Pembuatan SIM baru dilakukan di Satpas (satuan pelaksana tugas). Kalau kabupaten Pekalongan, lokasinya sepintu dengan Polres. Fyi saja, buat SIM aturannya lebih njlimet…tapi lebih mudah kok dibanding bikin surat nikah.

Tulisan: Inayah | Foto: Irkham Nz

 

7 Comments

  1. Sekarang pelayanan dan birokrasi sudah semakin mudah ya, di tempat kami juga yang termasuk pelosok, dua jam kemdaraan ke kota, sekarang bus sim kelilingnya yang nyamperin ke setiap kecamatan, hehehe…

    1. Iya mba ternyata ngga ribet. Pekalongan juga ada tuh sim keliling 😉

  2. Mba Innayah, baca tulisan ini mengingatkan bahwa aku harus segera perpanjang STNK 🙂

    1. Hahahaha jangan sampe telat

  3. Postingan mbak Inayah sanhat menarik mengingat saya belum pernah mengurus perpanjangan di samsat drive thru, (Depan Monumen).
    Nah itu BPKB asli jadinya gimana ya? jadi inget tahun kemarin pernah perpanjang pakai surat keterangan dari Leasing, tapi akhirnya tidak terpakai di SAMSAT padahal antri di leasing lebih lama. wkwk

    1. Kalau di samsat drive thru depan monumen harus pakai bpkb, kalau di samsat online gajahmada cuma pakai STNK sama KTP

  4. zammiel

    Selamat malam,
    Saya Zammil di Jogja
    Mohon pencerahannya.
    STNK : G 7121 AA (Pekalongan Timur), Suzuki Jimny Super tahun 1984, warna Biru, masa berlaku 7 April 2011.
    KENDARAAN : warna kuning, body sudah di potong / model offroad, posisi di Jogja.
    PERTANYAAN : bisakah untuk perpanjangan stnk dan mutasi ke Jogja sekaligus balik nama dengan kondisi kendaraan teraebut di atas?
    Terima kasih sebelumnya.

Leave a Reply

Required fields are marked*